May 23, 2024

Kebakaran gudang Bloombang Koga di Jakarta Utara diduga akibat kesalahan teknis saat pengisian bahan bakar Bertamax.

Tuntutan itu disampaikan Kombes Pol Listio Sigit Prabowo setelah jajarannya dan tim dari Depot Pertamina melakukan penyelidikan awal untuk mengetahui penyebab kebakaran Depo Blombang.

Kombes Pol kepada wartawan, Sabtu (03/04/2023) “Bisa dijelaskan kejadian pukul 20.00 WIB kemarin penuh penerima minyak Pertamax dari Balongan yang diterima dari gudang Plumpang?”

Listyo kemudian terus mengalami masalah teknis, menyebabkan tekanan berlebihan dan menimbulkan kebakaran besar.

Listyi Sigit, bagaimanapun, mengatakan bahwa penyelidikan awal tidak dapat menentukan penyebab kebakaran.

Karena sejauh ini, polisi terus melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

“Jadi tentu saja kami masih melakukan penyelidikan mendalam untuk mengetahui dari mana api berasal. Saat ini kami masih memeriksa saksi-saksi, kamera keamanan dan hal-hal lain yang kami butuhkan. Ini bersifat teknis yang kuat” katanya katanya. .

Listeo Seget menekankan bahwa investigasi dilakukan dengan menggunakan teknik penelitian ilmiah atau metode ilmiah.

Karena itu, Seagate mengatakan para penyelidik belum menentukan apakah kebocoran atau gangguan lain tersebut merupakan kesalahan teknis pengisian bahan bakar.

Ia melanjutkan, “Tapi apakah itu karena kecelakaan kebakaran, apakah ada kebocoran, atau yang lainnya. Kami akan menyelidiki insiden tersebut dengan penyelidikan yang jelas. Setelah penyelidikan selesai, semuanya akan diklarifikasi.”

“Saat ini tim gabungan dari Polda dan Bareskrim sedang melakukan penyelidikan awal terhadap TKP bersama Puslabfor, Pusiden dan Pusinafis, tentunya mengunjungi titik awal kebakaran dan saat ini sedang menyelidikinya,” kata Listio Seget kepada perwakilan media. .

Listeo mengakui pihaknya telah melakukan berbagai langkah investigasi untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

Pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan dengan banyak saksi dari masyarakat sekitar dan gudang Pertamina Bloomang.

“Ya tentu tim sedang bekerja, jadi untuk mendalami itu tentu kita akan menanyakan saksi-saksi yang diperlukan apakah biasa, Depo atau ahli, dan lain-lain,” ujarnya.

Selain itu, Jenderal Listio Seget mengatakan beberapa titik evakuasi disiapkan untuk dapur lapangan.

“Titik-titik yang disiapkan oleh pihak katering banyak sekali agar semuanya terkelola dengan baik untuk para pengungsi nantinya dan mereka bisa mendapatkan kebutuhan awalnya dari pusat-pusat yang ada,” ujarnya.

Wakil presiden meminta relokasi gudang Bloom Room.

Wapres Marouf Amin mengusulkan relokasi gudang Pertamina Bloomang karena dekat dengan pemukiman warga.

Menurut orang kedua di Indonesia, transportasi diperlukan untuk mencegah terulangnya kebakaran yang disebabkan oleh kebocoran pipa bahan bakar yang telah menewaskan puluhan orang.

Ma’ruf Amin mengusulkan agar relokasi gudang Pertamina Lumbang bisa dilakukan di kawasan pelabuhan Tanjung Priok milik Bilindo.

“Nanti isu selanjutnya pemetaan di kawasan ini. Mudah-mudahan muncul. Biar lebih aman, (gudang Pertamina Blombang) bisa dipindahkan dari pelabuhan di kawasan Pelindo,” ujar Marouf Amin. .

Relokasi gudang Pertamina Bloomang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kawasan metropolitan dan keamanan penghuninya.

“Nanti akan direlokasi untuk memenuhi kebutuhan kawasan yang lebih tertata, lebih baik, lebih aman, dan lebih metropolitan,” ujar Ma’ruf Amin.

Menurut Marouf Amin, kebakaran yang terjadi pada Jumat malam (3 Maret 2023) menewaskan 17 orang dan melukai 60 lainnya, yang saat ini sedang menjalani perawatan.

Namun, Ma ‘ruf Amin menjamin Pertamina akan menanggung semua kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran gudang Pertamina Plumpang.

Marouf Amin menyimpulkan, “Kemudian ada orang di tempat penampungan, dan mereka semua diurus oleh Pertamina. Kemudian Pertamina menangani masalah konsumsi dan masalah lainnya dan selalu diusir.”

Petugas SAR mencari jenazah di reruntuhan stasiun pemadam kebakaran Pertamina Blumang.

Tadi malam, Jumat (3/3/2023), petugas evakuasi menemukan jenazah di antara reruntuhan kebakaran gudang Pertamina Blumang.

Polisi menemukan jenazah tersebut pada Sabtu (3/4/2023) pagi ini sekitar pukul 06.00 WIB.

kata M. Saidi, salah satu petugas evakuasi, mengatakan, “Mayatnya hangus. Wajahnya seperti tengkorak.”

Ia menjelaskan, sesosok jenazah ditemukan di bawah reruntuhan kebakaran tadi malam.

Pernyataan pejabat setempat menyatakan bahwa pihak berwenang adalah pemilik proyek toko kelontong.

Sementara itu, api padam total pada Sabtu (4/3/2023) pukul 02.00 WIB.

Ledakan pipa di gudang Pertamina Blumbang di Jalan Tanah Merah Bua, Kecamatan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koka, Jakarta Utara, disebut terjadi pada Jumat pukul 20.00 WIB.

Total korban tewas yang tercatat dalam kebakaran gudang Pertamina Lumbang di Jakarta Utara pada Sabtu (3 April 2023) sebanyak 17 orang.

Hingga Sabtu dini hari, 13 korban telah terdaftar.

Dan pada Sabtu pagi, tiga korban lagi ditemukan.

Hingga saat ini, petugas evakuasi masih mencari korban yang diduga terkubur di bawah sisa puing-puing api.

Skenario: Mohamed Lipki Benomasi / Normahadi

Artikel itu dimuat di WartaKotalive.com dengan tajuk utama menyatakan kesalahan teknis Kapolri dalam mengisi Pertamax menyebabkan kebakaran di gudang Plumpang.

Dan

Ma ‘ruf Amin mengusulkan relokasi gudang Pertamina Plumpang ke kawasan pelabuhan Tanjung Priok milik Pelindo.