February 26, 2024

Polisi mengerahkan anjing pendeteksi untuk mencari korban kebakaran gudang Pertamina Bloomang di Jakarta Utara.

Anjing pendeteksi tersebut didatangkan dari Satuan Satwa Mako K9 Polda Metro Jaya.

Caped Homas Bulda Metro Jaya Kombis Trunuyudu Wasno Andiko mengatakan, polisi menurunkan lima ekor anjing untuk mencari korban di antara reruntuhan pasca kebakaran.

Trunuyudu mengatakan kepada awak media, Sabtu (4 Maret 2023), “Ada 5 anjing pendeteksi di Polda Samapta Metro Jaya distrik K9. Tujuannya untuk menemukan korban yang tidak terdeteksi.”

Sebelumnya, Trunoyodo mengatakan telah menyerahkan jenazah 15 korban kebakaran Gudang Pertamina Lumbang, Jakarta Utara, pada Sabtu (3/4/2023) ke RS Polri Sukanto di Kramat Jati, Jakarta Timur.

Dia mengatakan puluhan korban diserahkan ke tim DVI RS Polri.

“Menurut data yang kami terima sejauh ini, tadi malam mencapai 14 dan hingga siang hari ini mencapai 15,” kata Trunuyudu kepada wartawan di Kampung Tanah Merah Buah, Jakarta Utara, Sabtu.

Trunuyudu mengatakan, tim DVI mengambil jenazah untuk identifikasi.

Kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi identitas melalui pencocokan dan pencarian.

“Tapi misinya tim medis DVI ditempatkan di RS Sukanto, di mana korban bisa dilihat untuk mengidentifikasi jenazah,” ujarnya.

Kebakaran dahsyat terjadi pada Jumat (3/3/203) pukul 20.16 WIB di Kompleks Gudang Pertamina, Jakarta Utara, Distrik Koca, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Jalan Tanah Merah Buah RT 12/RW 9.

Dinas Pemadam Kebakaran menyelesaikan operasi penjinakan ayam merah pada Sabtu, 3 April 2023 pukul 02.19 WIB.

3 tidak dapat ditemukan

Sebelumnya, Kapolres Listyo Sigit Prabowo mengatakan, tiga warga Kampung Tana Merah Bua, Rawa Badak Selatan, dan Jakarta Utara masih dinyatakan hilang.

Hal itu diketahui Listyo pada Sabtu sore (04 Maret 2023) saat meninjau lokasi permukiman yang terbakar di sebuah gudang di Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Listio mengatakan kepada wartawan di sebuah lokasi di Jakarta, Sabtu (3 April 2023), “Sebelumnya, dilaporkan melalui surat bahwa masih ada tiga (hilang) orang yang dilaporkan. Sampai sekarang, kami masih menunggu penyelidikan.” .

Liatio mengatakan, pihaknya menerima puluhan jenazah korban ledakan dan kebakaran di gudang Pertamina Lumbang RS Polri Keramat Jati, kini Jakarta Timur.

Menurutnya, tim forensik Mabes Polri saat ini sedang melakukan pencocokan data dan coklit terhadap jenazah korban kecelakaan.

“Ada sekitar 15 orang (korban) di Karamat Jati yang sedang menjalani otopsi,” ujarnya.