April 22, 2024

Mayor Puslabfor Polri, Brigjen Haris Aksara beserta timnya melakukan penyelidikan di lokasi kebakaran gudang Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Haris mengatakan, tim Puslabfor Polri akan menggunakan alat pendeteksi kebakaran dan drone untuk mencari titik api di TKP.

Dalam tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, satpam mengatakan, “Alat yang digunakan untuk masuk ke TKP adalah alat pendeteksi api. Bisa juga dengan membawa drone dan fokus mencari titik awal sumber api.” Sabtu (4 Maret 2023).

Haris juga mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Pertamina terkait penyelidikan penyebab kebakaran gudang Pertamina Bloomang.

Namun, dia masih harus menunggu informasi dari Health, Safety, Security and Environment (HSSE) terkait keselamatan di lokasi kebakaran gudang Pertamina Bloomang.

Karena itu, dia, Tim Investigasi Ilmiah Polri, dan Humas Polri baru bisa memastikan lokasi awal kebakaran.

Namun, kata seorang satpam, pihaknya telah bersiaga di lokasi kebakaran Pertamina Blumang sejak Sabtu pagi (4 Maret 2023).

“Koordinasi (dengan Pertamina). Belum ada info dari HSSE Pertamina saja. Sekarang hanya initial site check dengan PR department head.”

Harris menjelaskan, “Ketika anggota kami datang pada malam hari, kami akan siaga pada jam 2 siang.”

Seperti kata satpam, pengamanan diperlukan untuk masuk ke lokasi Pertamina karena terkait dengan kebakaran.

Para pengawal tidak ingin anggotanya masuk ke ranah Pertamina dalam kondisi yang dianggap tidak aman.

Karena bisa berbahaya bagi member nantinya.

Hares melanjutkan, “Kalau mau masuk ke site Pertamina saja, perlu pengamanan dan perlu pengamanan. Karena ini kebakaran, perlu pengamanan. Mencegah anggota masuk dan dianggap tempat tidak aman, yang juga berbahaya bagi kita. anggota.” tambahnya.

Hares menambahkan, pihaknya belum bisa mengatakan titik api di gudang Pertamina Bloomang terlihat jelas.

Dengan tidak adanya informasi lebih lanjut dari HSSE Pertamina sejauh ini, dia tidak punya pilihan selain menunggu.

Nantinya, ketika HSSE Pertamina menetapkan lokasi gudang Pertamina Plumpang sudah clear dan aman, tim Lab Forensik Polri langsung beralih ke TKP.

“Sementara ini kami belum bilang masih menunggu karena belum ada informasi dari HSSE.”

“Kemudian kita akan koordinasi ulang di Coramil dan langsung ke TKP begitu HSSE menentukan sudah clear. Tapi saat ini kita belum tahu apakah masih ada korban yang terkubur,” pungkasnya.

Instruksi Jokowi kepada Kompol dan Menteri Terkait Kebakaran Gudang Pertamina Bloomang

Kebakaran terjadi pada Jumat malam (2 Maret 2023) pukul 20.11 WIB di Gudang Pertamina Lumbang, Jakarta Utara.

Kebakaran tersebut telah menewaskan 16 orang dan tiga orang hilang.

Ratusan warga masih mengungsi hingga hari ini.

Menyikapi hal tersebut, Presiden Jokowi menginstruksikan jajarannya untuk memprioritaskan evakuasi dan penanganan warga terdampak kebakaran di gudang Pertamina Lumbang, Jakarta Utara.

Wakil Menteri Protokol, Pers, dan Humas Presiden Bai Mshmudin mengatakan, Jokowi memberikan instruksi kepada Komisaris Polisi Listeo Sigit Prabowo, Menteri Bomen Eric Thuhir, dan Plt Gubernur DKI Jakarta Hiro Budi Hartono.

Pi mengatakan kepada wartawan, Sabtu (3 April 2023).

Bai mengatakan Jokowi juga berkoordinasi dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, yang akan menyelidiki lokasi kebakaran pada Sabtu sore.

“Presiden tidak akan pergi ke Blumang hari ini, tetapi Presiden telah mengatur dengan Wakil Presiden untuk mengunjunginya hari ini.”

Pada Jumat malam (3 Maret 2023), kebakaran hebat terjadi di Gudang Pertamina Blumang di Jalan Tana Mera Bua, Kelurahan Selatan, Rawabad, Kecamatan Koka, Jakarta Utara.

Kebakaran pertama kali dilaporkan terjadi pada pukul 20.11 WIB akibat ledakan pipa bahan bakar minyak (BBM) di kawasan Depo.

Api kemudian dengan cepat menyebar ke penduduk setempat.